Ticker

6/recent/ticker-posts

6 Penyebab Toko Online Sepi Tanpa Pembeli




Ada banyak faktor yang bisa menjadikan toko kamu menjadi sepi tanpa ada orang yang mau membeli produk yang kamu jual,setidaknya berdasarkan pengalaman saya selama berjualan online baik itu di sosial media terutama di marketplace ada 6 faktor yang bikin toko  kamu sepi gak ada penjualan,jangankan ada yang membeli yang berkunjung saja tidak ada akhirnya bikin kamu stress dan malas untuk melanjutkan kembali bisnis yang sudah kamu mulai.Nah dari keenam faktor yang akan kita bahas ini kira-kira faktor mana nih yang saat ini bikin toko kamu sepi gak ada penjualan coba kita cek


Pertama,Harga produk yang terlalu mahal.

Sebagai seorang penjual online tentu kita ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari barang yang kita jual .Namun hal ini bertolak belakang dengan calon pembeli kita,mayoritas dari mereka menginginkan harga yang murah dengan kualitas yang bagus,ditambah lagi dengan kemudahan mengunjungi toko-toko online lainnya hanya dengan menggunakan gadget yang mereka miliki.Kemudian pembeli akan membanding-bandingkan harga dan kualitas antara toko satu dengan toko lainnya,akhirnya si pembeli memilih yang termurah dengan kualitas yang sama bagusnya dengan produk yang lebih mahal harganya.Jika kamu merupakan pemain skala besar tentu ini tidak menjadi masalah yang begitu berarti namun tidak berlaku bagi pemain skala kecil seperti seorang reseller dan dropshiper yang harus bersaing langsung dengan para suppliernya yang juga berjualan ditempat yang sama.Tentunya untuk mendapatkan keuntungan mereka harus menaikan margin harga dari harga yang mereka dapatkan dari supplier,masalahnya seringkali banyak yang terlalu rakus mengambil keuntungan yang besar di awal perjalanan bisnisnya itu.Hal ini juga pernah saya lakukan ketika awal-awal terjun di dunia dropshiper,3 bulan berlalu begitu saja tidak ada penjualan yang masuk padahal udh promosi sana sini karena mematok harga yang terlalu mahal.Kemudian saya coba analisa lagi penyebab toko saya menjadi sepi .dan akhirnya saya menemukan jawabannya ,setelah saya cek ,ternyata kompetitor saya banyak yang jual dengan harga yang lebih murah dari toko saya pantes aja gak laku-laku.Solusinya Untuk masalah ini jangan terlalu mengambil untung yang banyak di awal-awal ,buat produk mu dikenal dulu oleh banyak orang,berikan harga yang kompetitif,tidak terlalu mahal tapi tidak banting harga juga lalu,minta ulasan positif kepada mereka nah baru tuh jika orderan sudah mulai banyak dan stabil kamu bisa menaikan harga secara perlahan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari produk yang kamu jual.



Kedua,Trafik rendah

layaknya berjualan di toko offline,di toko online pun kamu harus mendatangkan trafik atau jumlah kunjungan orang yang melihat toko onlinemu,bagaimana mau ada penjualan jika yang lirik aja tidak ada.Di toko offline kamu mungkin bisa mendatangkan trafik dengan cara memasang spanduk yang besar,mengundang banyak orang untuk datang ke tokomu ataupun berjualan di tempat-tempat yang strategis barulah tokomu akan dilirik dan akhirnya terjadilah penjualan.Begitupun di toko online kamu harus bisa mendatangkan trafik yang besar ke toko kamu baik di online store ataupun di marketplace.Kamu bisa menggunakan metode organik seperti promosi di grup-grup jual beli,di fb marketplace,di whatsapp atau melakukan optimasi produk jika kamu berjualan di marketplace.Metode lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan iklan berbayar,cara ini terbilang sangat efektif untuk mendapatkan trafik namun tentunya kamu harus menyiapkan budget lebih untuk biaya iklan yang dibuat.

Ketiga,Informasi produk yang tidak jelas

Berikan informasi yang jelas dari produk yang kamu jual,mulai dari nama produknya apa,bahannya apa,ukurannya berapa,kegunaanya apa,dan informasi produk lainnya yang menjadikan produk yang kamu jual itu layak untuk mereka beli.Jangan sampai kamu hanya memposting photo produk yang buram.Bagi seorang reseller dan dropshiper tidak dianjurkan untuk mengcopy+paste 100% dengan deskripsi yang ada di supplier kamu,coba ubah sedikit informasinya tapi tetap tanpa mengubah pesan dan tujuannya.Misalnya dengan mengedit photo produk,menambahkan video produk,atau mendekorasi toko agar lebih terlihat ciamik dan tidak kelihatan tokonya dropshiper.Berikan informasi secukupnya jangan sampai terlalu melebar dan berbelit-belit sehingga memusingkan calon customer


Sebelum kita lanjut buat teman-teman yang belum subscribe silahkan tekan tombol like and subscribe nya terlebih dahulu serta nyalakan notifikasinya agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar reseller dan dropshiper yang akan saya share di channel ini.

Keempat,Optimasi produk yang salah

Optimasi produk merupakan cara yang dilakukan dengan tujuan agar produk kita lebih mudah ditemukan dan dilihat oleh banyak orang.Optimasi produk ini berkaitan dengan branding toko kita,penggunaan judul dan deskripsi yang tepat,informasi produk yang lengkap,dan memanfaatkan algoritma dari platform yang kita gunakan merupakan cara yang bisa kita gunakan untuk mengoptimasi produk dengan maksimal.Optimasi produk yang salah akan mengakibatkan produk kita susah untuk ditemukan oleh calon pembeli,kalau kamu berjualan di shopee dan masih bingung gimana cara mengoptimasi produk dengan baik,kamu bisa menonton video di atas ini.

Kelima,Produk yang kurang diminati

Jika keempat faktor tadi sudah kamu perbaiki tapi tetap tidak ada orderan yang masuk coba cek lagi produk yang kamu jual,bisa jadi produk yang kamu jual itu kurang diminati pasar sehingga orang jadi enggan untuk membeli produk yang kamu tawarkan.Produk yang kurang diminati biasanya dikarenakan beberapa faktor seperti produk yang ketinggalan zaman,desain produk yang membosankan,manfaat produk yang kurang dirasakan,serta tidak ada nilai tambah yang membuat orang mempertimbangkan untuk membeli produk yang kamu jual.Jadi pastikan produk yang kamu jual itu benar-benar dibutuhkan oleh calon customermu atau setidaknya memberikan nilai lebih dari produk pada umumnya misalnya dengan memberikan garansi produk,diskon,bonus pembelian dan hal-hal lainnya yang tidak dilakukan kompetitormu.Dalam menentukan produk ini memang agak susah-susah gampang,oh iya saya juga pernah buat video tentang cara menentukan produk yang akan kamu jual.Jika kamu penasaran langsung aja cek videonya disini.

Keenam,Tidak ada ulasan

Tak bisa dipungkiri lagi kekuatan ulasan atau rating ini sangat powerfull sekali di dunia digital store,ulasan ini adalah hal yang sangat wajib ada pada sebuah toko online karena ulasan ini akan membantu orang-orang yang belum membeli produk kamu untuk mempertimbangkan apakah layak dibeli atau tidak.Jika ratingnya bagus dan orang-orang memberikan ulasan positif tentang produk yang kita jual tentunya akan berdampak pada kepercayaan calon pembeli lainnya yang akan berbelanja di toko kamu.Namun sebaliknya jika ratingnya jelek serta ulasan negatif dari orang-orang yang sudah berbelanja di toko kamu tentunya hal ini akan cukup memberikan penurunan tingkat kepercayaan orang-orang yang mau berbelanja di toko kamu.Dan saya yakin ketika kita berbelanja di toko online manapun pasti kita akan memilih toko yang sudah memiliki reputasi yang bagus dibandingkan dengan toko baru yang belum ada ulasan sama sekali atau toko yang memiliki ulasan yang negatif.Maka jika toko kamu belum memiliki ulasan, kamu bisa meminta bantuan saudara atau teman kamu untuk membeli produk serta memberikan ulasan positif ke tokomu.Atau setiap ada orderan cobalah minta ulasan produk kepada setiap orang yang berbelanja di toko kamu agar reputasi dan tingkat kepercayaan orang-orang untuk belanja di tokomu menjadi lebih meningkat.




Posting Komentar

0 Komentar